RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
TEMA : KEGIATAN SEHARI-HARI
KELAS III SEMESTER 2
Disusun oleh :
DEVI RATIH OKTAVIA
(09.1.01.10.0030)
Tingkat 3 C
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Nusantara PGRI Kediri
2012
SILABUS
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Kelas/Semester : III/2
Tema : Kegiatan Sehari-hari
Sub Tema : Pekerjaan Dalam Kehidupan Sehari-hari
Mata Pelajaran | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Prosedur | Jenis | Bentuk | ||||||||
Pendidikan Kewarganegaraan | 3. Memiliki harga diri sebagai individu | 3.2.Memberi contoh bentuk harga diri, seperti menghargai diri sendiri, mengakui kelebihan dan kekurangan diri sendiri dan orang lain | Kognitif 3.2.1 Menyebutkan contoh menghargai diri sendiri 3.2.2 Menyebutkan contoh menghargai orang lain Afektif Karakter 3.2.3 Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi: toleransi, demokratis dalam menghargai, mengakui kelebihan dan kekurangan diri sendiri Keterampilan Sosial 3.2.4 Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial: mengembangkan sikap kerja sama, komunikasi dalam menyampaikan pendapat tentang menghargai kelebihan diri sendiri Psikomotor 3.2.5 Melakukan pengamatan terhadap kelebihan dan kekurangan orang lain | Materi Pokok 1. Bentukbentuk harga diri sendiri keluarga dan masyarakat | 1. Guru menunjukkan contoh harga diri 2. Siswa Mendiskripsikan contoh menghargai diri sendiri dan orang lain 3. Siswa menyebutkan contoh menghargai diri sendiri 4. Siswa menyebutkan contoh menghargai orang lain 5. Siswa menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi: toleransi, demokratis dalam menghargai, mengakui kelebihan dan kekurangan diri sendiri 6. Siswa menunjukkan kemampuan keterampilan sosial: mengembangkan sikap kerja sama, komunikasi dalam menyampaikan pendapat tentang menghargai kelebihan diri sendiri 7. Siswa melakukan pengamatan terhadap kelebihan orang lain | Proses Proses Akhir Akhir Proses Proses Akhir | Sikap Sikap Tes Tertulis Tes tertulis Sikap Sikap Tes tertulis | Pedoman Pengamatan Sikap Pedoman Pengamatan Sikap Soal Uraian no. 1 Soal Uraian no. 2 Pedoman Pengamatan Sikap Pedoman Pengamatan Sikap Soal Uraian No 3 | 1 x 30 menit | |
Ilmu Pengetahuan Sosial | 2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang | 2.1 Mengenal jenis-jenis pekerjaan | Kognitif 2.1.1 Mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan yang ada disekitar 2.1.2 Menyebutkan jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa 2.1.3 Menyebutkan jenis pekerjaan yang menghasilkan barang Afektif Karakter 2.1.4 Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi: kerja keras, jujur, tanggung jawab dalam mengidentifikasi jenis pekerjaan dan hasinya Keterampilan sosial 2.1.5 Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial mengembangkan sikap kerja sama dan komunikasi dalam mendiskusikan jenis-jenis pekerjaan di sekitar Psikomotor 2.1.6 Membuat tabel daftar pekerjaan | Jenis jenis Pekerjaan | 1. Siswa menyebutkan jenis pekerjaan yang ada di sekitar yang menghasilkan barang 2. Siswa menyebutkan jenis pekerjaan yang ada di sekitar yang menghasilkan jasa 3. Siswa menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi: kerja keras, jujur, tanggung jawab dalam mengidentifikasi jenis pekerjaan dan hasinya 4. Siswa menunjukkan kemampuan keterampilan sosial mengembangkan sikap kerja sama dan komunikasi dalam mendiskusikan jenis-jenis pekerjaan di sekitar 5. Siswa membuat tabel daftar pekerjaan | Akhir Akhir Proses Proses Akhir | Tes tertulis Tes tertulis Sikap Sikap Tes tertulis | Soal Uraian no.4 Soal Uraian no. 5 Pedoman Pengamatan Sikap Pedoman Pengamatan Sikap Soal Uraian No 6 | 1 x 30 menit | |
Bahasa Indonesia | 5. Memahami cerita dan teks drama anakyang dilisankan | 5.1. Mendengarkan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman yang didengarnya | Kognitif 5.1.1 Mendengarkan cerita pengalaman teman 5.1.2 Menanggapi secara lisan dari isi cerita Afektif Karakter 5.1.3 Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi:gemar membaca untuk memberi tanggapan sederhana tentang cerita yang dibacanya Keterampilan sosial 5.1.4 Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial: menjadi pendengar yang baik untuk memberi tanggapan pada isi cerita yang di dengarnya Psikomotor 5.1.5 Menceritakan isi cerita dari pengalaman yang didengar | Cerita pengalaman Kehidupan Sehari-hari | 1. Siswa bercerita 2. Siswa menanggapi isi cerita 3. Siswa menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi:gemar membaca untuk memberi tanggapan sederhana tentang cerita yang dibacanya 4. Siswa menunjukkan kemampuan keterampilan sosial: menjadi pendengar yang baik untuk memberi tanggapan pada isi cerita yang di dengarnya 5. Siswa menceritakan isi cerita dari pengalaman yang didengar | Proses Proses Proses Proses Proses | Sikap Sikap Sikap Sikap Sikap | Pedoman engamatan Sikap Pedoman engamatan Sikap Pedoman engamatan Sikap Pedoman engamatan Sikap Pedoman engamatan Sikap | 1 x 30 menit | |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SDN TEMPUREJO 2
Kelas/Semester : III/2
Tema : Kegiatan Sehari-hari
Alokasi Waktu : 1 x 30 menit
Standar Kompetensi : PKn
3. Memiliki harga diri sebagai individu
IPS
2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
BHS. INDONESIA
5. Memahami cerita dan teks drama anakyang dilisankan
Kompetensi Dasar : PKn
3.2. Memberi contoh bentuk harga diri, seperti menghargai diri sendiri, mengakui kelebihan dan kekurangan diri sendiri dan orang lain
IPS
5.1. Mengenal jenis-jenis pekerjaan
BHS. INDONESIA
5.1. Mendengarkan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman yang didengarnya
I. INDIKATOR
PKN
Kognitif
3.2.1 Menyebutkan contoh menghargai diri sendiri
3.2.2 Menyebutkan contoh menghargai orang lain
Afektif
Karakter
3.2.3 Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi: toleransi, demokratis dalam menghargai, mengakui kelebihan dan kekurangan diri sendiri
Keterampilan Sosial
3.2.4 Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial: mengembangkan sikap kerja sama, komunikasi dalam menyampaikan pendapat tentang menghargai kelebihan diri sendiri
Psikomotor
3.2.5 Melakukan pengamatan terhadap kelebihan dan kekurangan orang lain
IPS
Kognitif
2.1.1 Mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan yang ada disekitar
2.1.2 Menyebutkan jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa
2.1.3 Menyebutkan jenis pekerjaan yang menghasilkan barang
Afektif
Karakter
2.1.4 Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi: kerja keras, jujur, tanggung jawab dalam mengidentifikasi jenis pekerjaan dan hasinya
Keterampilan sosial
2.1.5 Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial mengembangkan sikap kerja sama dan komunikasi dalam mendiskusikan jenis-jenis pekerjaan di sekitar
Psikomotor
2.1.6 Membuat tabel daftar pekerjaan
Bahasa Indonesia
Kognitif
5.1.1 Mendengarkan cerita pengalaman teman
5.1.2 Menanggapi secara lisan dari isi cerita
Afektif
Karakter
5.1.3 Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi:gemar membaca untuk memberi tanggapan sederhana tentang cerita yang dibacanya
Keterampilan sosial
5.1.4 Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial: menjadi pendengar yang baik untuk memberi tanggapan pada isi cerita yang di dengarnya
Psikomotor
5.1.5 Menceritakan isi cerita dari pengalaman yang didengar
II. TUJUAN PEMBELAJARAN
PKn
Kognitif
1. Dengan melalui penjelasan dari guru, siswa dapat menyebutkan contoh menghargai diri sendiri dengan benar
2. Dengan melalui penjelasan dari guru, siswa dapat menyebutkan contoh menghargai orang lain dengan benar
Afektif
3. Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi: toleransi, demokratis dalam menghargai, mengakui kelebihan dan kekurangan diri sendiri
4. Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial: mengembangkan sikap kerja sama, komunikasi dalam menyampaikan pendapat tentang menharhai kelebihan diri sendiri
Psikomotor
5. Setelah mendengarkan penjelasan dari guru, siswa dapat menceritakan kelebihan dan kekurangan diri sendiri dengan tepat
6. Setelah mendengarkan penjelasan dari guru, siswa dapat menceritakan kekurangan diri sendiri dengan tepat
IPS
Kognitif
1. Dengan melalui penjelasan dari guru, siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan disekitar dengan benar
2. Selama melakukan kegiatan pembelajaran berlangsung, siswa dapat menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa dengan benar
3. Selama melakukan kegiatan pembelajaran berlangsung, siswa dapat menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang dengar benar
Afektif
4. Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi: kerja keras, jujur, tanggung jawab dalam mengidentifikasi jenis pekerjaan dan hasinya
5. Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial mengembangkan sikap kerja sama dan komunikasi dalam mendiskusikan jenis-jenis pekerjaan di sekitar
Psikomotor
6. Setelah mendengarkan penjelasan dari guru dan selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat membuat tabel daftar pekerjaan dan hasil pekerjaannya dengan tepat
BHS. INDONESIA
Kognitif
1. Setelah mendengarkan cerita yang di bacakan oleh guru, siswa dapat menanggapi secara lisan dari isi cerita dengan benar
Afektif
2. Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi:gemar membaca untuk memberi tanggapan sederhana tentang cerita yang dibacanya
3. Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial: menjadi pendengar yang baik untuk memberi tanggapan pada isi cerita yang di dengarnya
Psikomotor
4. Setelah mendengarkan cerita dan menanggapi isi cerita yang di bacakan oleh guru, siswa dapat menceritakan kembali isi cerita
III. MATERI PEMBELAJARAN
Pokok pokok Materi :
1. Cara menghargai diri sendiri
2. Cara menghargai orang lain
3. Jenis-jenis pekerjaan
4. Jenis pekerjaaan yang menghasilkan jasa
5. Jenis pekerjaan yang menghasilkan barang
6. Bacaan tentang pekerjaan
IV. MODEL/METODE PEMBELAJARAN
a. Model : Kooperatif Tipe STAD
b. Pendekatan : PAIKEM
c. Metode : ceramah, tanya jawab, diskusi
V. KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN 1
Tahap | Kegiatan (Skenario Pembelajaran) | Nilai Budaya dan Karakter Bangsa | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | 1. Guru mengucapkan salam 2. Guru meminta ketua kelas untuk memimpin berdoa 3. Guru mempresensi kehadiran siswa 4. Guru melakukan apersepsi 5. Guru membangkitkan motivasi siswa dengan menyanyikan lagu | Religus Religius Kedisiplinan | 5 menit |
Inti | 1. Guru menjelaskan cara menghargai diri sendiri 2. Siswa menyebutkan pekerjaan orang tua 3. Siswa menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang ada di sekitar 4. Guru menjelaskan cara menghargai pekerjaan orang lain 5. Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok 6. Guru membacakan bacaan 7. Siswa berdiskusi menanggapi isi bacaan 8. Kelompok yang sudah selesai mempresentasikan hasil diskusi 9. Guru mengevaluasi hasil kelompok presentasi 10.Guru memberikan penghargaan | Rasa ingin tahu | 20 menit |
Penutup | 11. Guru menyimpulkan materi 12. Guru memberikan PR kepada siswa 13. Guru memotivasi siswa agar siswa rajin belajar 14. Salam penutup | Religius | 5 menit |
PERTEMUAN 2
Tahap | Kegiatan (Skenario Pembelajaran) | Nilai Budaya dan Karakter Bangsa | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | 1. Guru mengucap salam 2. Guru meminta ketua kelas untuk memimpin berdoa 3. Guru mempresensi siswa 4. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran 5. Guru melakukan apersepsi 6. Guru memotivasi siswa dengan menyanyikan lagu abang bakso | Religius Religius Kedisiplinan | 5 menit |
Inti | 7. Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok 8. Siswa dalam kelompok mendapatkan bacaan yang sudah di siapkan oleh guru 9. Setiap kelompok mendiskusikan isi bacaan 10. Guru membimbing siswa dalam masing-masing kelompok 11. Kelompok yang sudah selesai mempresentasikan hasil diskusinya 12. Guru bersama siswa mengevaluasi hasil presentasinya 13. Guru meberikan penghargaan | Kerja sama | 20 menit |
Penutup | 14. Guru memberika tes tertulis 15. Guru memberikan penilaian 16. Guru menyampaikan tindak lanjut hasil tes 17. Salam penutup | Religius | 5 menit |
VI. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
a. Sumber :
· Widhihastuti, Setiati 2008.Pendidikan Kewarganegaraan SD/MI Kelas III, Jakarta:Pustaka Intan Wardanani
· Widhihastuti, Setiati 2008.Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial SD/MI Kelas III, Jakarta:Pustaka Intan Wardanani
· Widhihastuti, Setiati 2008.Pendidikan Bahasa Indonesia SD/MI Kelas III, Jakarta:Pustaka Intan Wardanani
· Tim Bina Guru, 2010. Bersinar Agung Kelas III SD/MI, Tulungagung: Sinar Agung Abadi
b. Media :
1. Gambar-gambar contoh sikap harga diri
2. Gambar Jenis-Jenis Pekerjaan
VII. PENILAIAN
1. Prosedur : Penilaian proses dan Penilaian akhir
2. Jenis Penilaian : Sikap dan tes tertulis
3. Bentuk Instrumen : Pedoman Pengamatan Sikap Dan Tes Tertulis
4. Tindak Lanjut :
Pengambilan keputusan didasarkan pada perhitungan KKM individual dan klasikal. Apabila KKM klasikal belum tercapai maka peserta didik yang sudah mencapai KKM individual akan diberikan pengayaan dan bagi peserta didik yang belum mencapai KKM individual akan diberikan remidi.
Kediri, Maret 2012
Mahasiswa
DEVI RATIH OKTAVIA
NPM. 09.1.01.10.0030
|
|
BAHAN AJAR
(HAND OUT)
JUDUL MATERI : PEKERJAAN SEHARI-HARI
URAIAN MATERI
A. Harga Diri
Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda.Kepada siapapun kita harus selalu bersikap hormat, sopan dan santun.Menghargai diri sendiri sama dengan menghargai orang lain.Kekurangan yang dimiliki seseorang dapat berubah jika orang itu mau berusaha semaksimal mungkin.Biasanya, orang merasa bangga jika ia memiliki kelebihan.Dalam kehidupan sehari-hari, hindari dari perbuatan yang dapat menjatuhkan harga diri sendiri.Kita harus menghargai pekerjaan orang lain, jangan menjadi orang sombong.Bagi orang yang mempunyai pekerjaan dengan penghasilan kecil jangan malu untuk berteman dengan seseorang yan mempunyai pekerjaan dengan penghasilan besar.
Pekerjaan itu tidak ada yang mudah, semua pekerjaan itu sulit maka kita harus bekerja keras dan saling menghargai karena itulah merupakan merupakan kelebihan dari yang kita miliki.
B. Macam-macam pekerjaan antara lain:
1. Guru
2. Petani
3. Pilot
4. Dokter
5. Pedagang
6. Tukang kayu
7. Tukang becak
8. Sopir
9. Buruh
10. Tukang sampah
11. Masinis
12. Penjahit
13. Tukang potong rambut
14. Dsb
C. Pekerjaan yang menghasilkan jasa antara lain:
1. Guru
2. Dokter
3. Pilot
4. Montir
5. Polisi
6. Perawat
7. TNI
8. Pegawai
9. Pengemudi
D. Pekerjaan yang menghasilkan barang antara lain:
1. Tukang kayu
2. Nelayan
3. Tukang becak
4. Tukang potong rambut
5. Pedagang
6. Petani
7. Penjahit
8. Pengrajin
E. Teks Dialog
PROFESI
Petani : “ Pak Dokter! Enak ya jadi dokter itu.”
Dokter : “ Wah ya enak-enak susah! Lebih baik jadi petani.”
Petani : “Petani itu susah juga, Pak. Harus kerja keras di bawah terik matahari. Mencangkul, membajak adan mengairi sawah.”
Dokter : “ Tapi kebutuhan sehari-hari tidak susah membeli, tinggal mengambil dari sawah atau kebun.”
Petani : “ Memang benar, tetapi kalau kami tidak rajin bekerja, kami tidak akan panen. Terkadang tinggal menunggu panen saja malah dimakan hama.”
Dokter : “ Kalau begitu. Jadi pilot seperti Bapak ini yang lebih enak.”
Pilot : “ Ah, tentu saja tidak, Pak! Dokter itu yang enak. Kalau praktek banyak orang yang datang. Tinggal diperiksa, dikasih obat dan dapat uang.”
Dokter : “ Tapi resikonya besar. Seorang dokter harus sabar dan teliti. Kalau salah didanosis atau salah obat akibatnya bisa fatal.”
Petani : “ Saya pikir juga begitu, Pak. Jadi dokter selain mendapat gaji juga mendapat uang praktek.”
Dokter : “ Tapi, sekolah kedokteran sangat lama da biaya pun mahal.”
Petani : “ Kalau jadi pilot itu banyak enaknya ya, Pak?
Tiap hari bisa naik pesawat terbang tanpa membayar.”
Pilot : “ Ya Pak. Naik pesawat terbangnya bisa gratis tapi tanggung jawabnya berat. Pilot bertanggung jawab bagi keselamatan semua penumpang.
Kami harus bekerja dengan penuh konsentrasi.”
Dokter : “ Pak Tani, sebetulnya semua pekerjaan itu ada resikonya. Kita dapat melaksanakan pekerjaan itu dengan gembira sehingga tidak merasa terbebani.”
Petani : “ Iya, Pak saya kira yang paling sulit itunhanya petani. Teryata semua pekerjaan itu memerlukan keteletian dan kerja keras.”
Guru : “ Bapak ibu wali murid, karena sudah cukup siang, maka pembagian rapor kelas ini akan kita mulai.”
LEMBAR KERJA SISWA
A. Judul LKS : Fokus
B. Tema : Kegiatan Sehari-hari
C. Kelas/semester : III/2
D. Alokasi waktu : 1x30 menit
E. Standar Kompetensi :
PKn
3. Memiliki harga diri sebagai individu
IPS
2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
BHS. INDONESIA
5. Memahami cerita dan teks drama anakyang dilisankan
F. Kompetensi Dasar :
PKn
3.2. Memberi contoh bentuk harga diri, seperti menghargai diri sendiri, mengakui kelebihan dan kekurangan diri sendiri dan orang lain
IPS
2.1 Mengenal jenis-jenis pekerjaan
BHS. INDONESIA
5.1. Mendengarkan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman yang didengarnya
G. Indikator Pencapaian :
PKN
Kognitif
3.2.1 Menyebutkan contoh menghargai diri sendiri
3.2.2 Menyebutkan contoh menghargai orang lain
Afektif
Karakter
3.2.3 Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi: toleransi, demokratis dalam menghargai, mengakui kelebihan dan kekurangan diri sendiri
Keterampilan Sosial
3.2.4 Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial: mengembangkan sikap kerja sama, komunikasi dalam menyampaikan pendapat tentang menghargai kelebihan diri sendiri
Psikomotor
3.2.5 Melakukan pengamatan terhadap kelebihan dan kekurangan orang lain
IPS
Kognitif
3.1.1 Mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan yang ada disekitar
3.1.2 Menyebutkan jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa
3.1.3 Menyebutkan jenis pekerjaan yang menghasilkan barang
Afektif
Karakter
3.1.4 Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi: kerja keras, jujur, tanggung jawab dalam mengidentifikasi jenis pekerjaan dan hasinya
Keterampilan sosial
3.1.5 Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial mengembangkan sikap kerja sama dan komunikasi dalam mendiskusikan jenis-jenis pekerjaan di sekitar
Psikomotor
3.1.6 Membuat tabel daftar pekerjaan
Bahasa Indonesia
Kognitif
5.1.1 Mendengarkan cerita pengalaman teman
5.1.2 Menanggapi secara lisan dari isi cerita
Afektif
Karakter
5.1.3 Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi:gemar membaca untuk memberi tanggapan sederhana tentang cerita yang dibacanya
Keterampilan sosial
5.1.4 Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial: menjadi pendengar yang baik untuk memberi tanggapan pada isi cerita yang di dengarnya
Psikomotor
5.1.5 Menceritakan isi cerita dari pengalaman yang didengar
H. Petunjuk Belajar :
Kerjakan tugas di bawah ini secara berkelompok sesuai dengan teman kelompok. Lalu diskusikan secara bersama-sama !
I. Informasi :
1. Menanggapi masalah artinya memberikan pendapat terhadap suatu masalah atau objek sesuai dengan ide yang berada dalam pikiran kita.
2. Memberikan tanggapan terhadap teman tentu berguna bagi yang bercerita maupun bagi kamu yang menanggapi. Dengan tanggapan kamu, temanmu mendapat masukan. Manfaat untuk kamu adalah belajar kritis dan memberikan tanggapan dengan bahasa yang benar dan santun.
3. Sikap orang memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda.Teman-teman sangat senang dan menghargai kepada anak-anak yang disiplin.Setiap orang menghargai pekerjaan yang dilakukan orang lain.Dalam kehidupan sehari-hari, hindari dari perbuatan yang dapat menjatuhkan harga diri. Ciptakan kehidupan yang guyup rukun agar dapat hidup nyaman, tertib dan damai.
4. Jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa, antara lain: dokter, guru, montir, polisi, pegawai, buruh, pengemudi, kuli.
5. Jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang, antara lain: tukang kayu, petani, nelayan, pedagang, penjahit, pengrajin.
J. Tugas-tugas :
Dengarkan teks dialog yang dibacakan oleh gurumu berikut ini!Berilah tanggapan atau komentar terhadap cerita. Diskusikan dengan kelompokmu!
Bibi Terpeleset di Lantai
Ayahku adalah seorang pilot. Ia jarang sekali berada di rumah, sedangkan ibuku adalah seorang guru. Karena ibuku berangkat pagi-pagi sekali, jadi tidak bisa masak dan memberikan rumah sendiri. Oleh karena itu, ibuku memperkerjakan Mbak Lasmi sebagai pembantu dirumahku.
Tugas Mbak Lasmi setiap pagi adalah memasak, mengepel dan mencuci.
Ketika Mbak Lasmi sedang mengepel, tiba-tiba ia terpeleset hingga jatuh. Kakinya terkilir. Oleh ibuku, Mbak Lasmi langsung dibawa ke tukang pijit dekat rumahku. Ia kesakitan saan dipijat. Oleh karena itu, ia berjanji akan lebih hati-hati lagi saat mengepel.
1. Sebutkan jenis-jenis pekerjaan masyarakat di pedesaan! 3 saja
2. Sebutkan jenis-jenis pekerjaan masyarakat perkotaan! 3 saja
3. Buatlah daftar pekerjaan disekitarmu yang menghasilkan barang atau jasa!8 saja
K. Penilaian :
Pertemuan I
Kunci Jawaban
Tanggapan :
Bagaimanapun bentuk pekerjaan itu harus kita hormati baik menjado seorang pembantu,pilot,pegawai swasta sama saja karena semuanya adalah berusaha memenuhi kebutuhan hidup masing-masing.
Rubrik Penilaian
Keterangan | JUMLAH SKOR |
Jika siswa memberi tanggapan dengan bahasa yang runtut dan jelas | 3 |
Jika siswa memberi tanggapan dengan bahasa yang runtut namun kurang jelas | 2 |
Jika siswa memberi tanggapan dengan bahasa yang tidak runtut dan kurang jelas | 1 |
NO | JAWABAN | SKOR | ||||||||
1. | Pekerjaan penduduk pedesaan: a. Buruh b. Tukang kayu c. Petani | 10 | ||||||||
2. | Pekerjaan penduduk perkotaan : a. TNI/polisi b. Pengusaha c. Karyawan pabrik | 10 | ||||||||
4. | Daftar pekerjaan
| 30 | ||||||||
TOTAL SKOR | 50 |
Rubrik Penilaian
NO | KETERANGAN | Skor |
1. | Jika siswa sama sekali tidak dapat menyebutkan jenis-jenis pekerjaan di pedesaan Jika siswa hanya mampu menyebutkan 1 pekerjaan penduduk pedesaan Jika siswa hanya mampu menyebutkan 2 pekerjaan penduduk pedesaan Jika siswa mampu menyebutkan 3 pekerjaan penduduk pedesaan dengan benar dan sempurna | 0 1 2 3 |
2. | Jika siswa sama sekali tidak dapat menyebutkan jenis-jenis pekerjaan di perkotaan Jika siswa hanya mampu menyebutkan 1 pekerjaan penduduk perkotaan Jika siswa hanya mampu menyebutkan 2 pekerjaan penduduk perkotaan Jika siswa mampu menyebutkan 3 pekerjaan penduduk perkotaan dengan benar dan sempurna | 0 1 2 3 |
4. | Jika siswa sama sekali tidak dapat menyebutkan jenis-jenis pekerjaan di sekitarnya Jika siswa hanya mampu menyebutkan 3pekerjaan yang menghasilkan jasa atau barang Jika siswa hanya mampu menyebutkan 4pekerjaan yang menghasilkan jasa atau barang Jika siswa hanya mampu menyebutkan 6pekerjaan yang menghasilkan jasa atau barang Jika siswa mampu menyebutkan 8pekerjaan yang menghasilkan jasa atau barang dengan benar dan sempurna | 0 1 2 3 4 |
MEDIA PEMBELAJARAN
Tema : Kegiatan Sehari-hari
Kelas/Semester : III/2
Alokasi Waktu : 1 x 30 menit
Standar Kompetensi : PKn
3. Memiliki harga diri sebagai individu
IPS
2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
BHS. INDONESIA
5. Memahami cerita dan teks drama anakyang dilisankan
Kompetensi Dasar : PKn
3.2. Memberi contoh bentuk harga diri, seperti menghargai diri sendiri, mengakui kelebihan dan kekurangan diri sendiri dan orang lain
IPS
2.1 Mengenal jenis-jenis pekerjaan
BHS. INDONESIA
5.1. Mendengarkan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman yang didengarnya
Indikator
PKN
Kognitif
3.2.1 Menyebutkan contoh menghargai diri sendiri
3.2.2 Menyebutkan contoh menghargai orang lain
Afektif
Karakter
3.2.3 Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi: toleransi, demokratis dalam menghargai, mengakui kelebihan dan kekurangan diri sendiri
Keterampilan Sosial
3.2.4 Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial: mengembangkan sikap kerja sama, komunikasi dalam menyampaikan pendapat tentang menghargai kelebihan diri sendiri
Psikomotor
3.2.5 Melakukan pengamatan terhadap kelebihan dan kekurangan orang lain
IPS
Kognitif
2.1.1 Mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan yang ada disekitar
2.1.2 Menyebutkan jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa
2.1.3 Menyebutkan jenis pekerjaan yang menghasilkan barang
Afektif
Karakter
2.1.4 Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi: kerja keras, jujur, tanggung jawab dalam mengidentifikasi jenis pekerjaan dan hasinya
Keterampilan sosial
2.1.5 Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial mengembangkan sikap kerja sama dan komunikasi dalam mendiskusikan jenis-jenis pekerjaan di sekitar
Psikomotor
2.1.6 Membuat tabel daftar pekerjaan
Bahasa Indonesia
Kognitif
5.1.1 Mendengarkan cerita pengalaman teman
5.1.2 Menanggapi secara lisan dari isi cerita
Afektif
Karakter
5.1.3 Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi:gemar membaca untuk memberi tanggapan sederhana tentang cerita yang dibacanya
Keterampilan sosial
5.1.4 Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial: menjadi pendengar yang baik untuk memberi tanggapan pada isi cerita yang di dengarnya
Psikomotor
5.1.5 Menceritakan isi cerita dari pengalaman yang didengar
Tujuan Pembelajaran
PKn
Kognitif
1. Dengan melalui penjelasan dari guru, siswa dapat menyebutkan contoh menghargai diri sendiri dengan benar
2. Dengan melalui penjelasan dari guru, siswa dapat menyebutkan contoh menghargai orang lain dengan benar
Afektif
3. Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi: toleransi, demokratis dalam menghargai, mengakui kelebihan dan kekurangan diri sendiri
4. Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial: mengembangkan sikap kerja sama, komunikasi dalam menyampaikan pendapat tentang menharhai kelebihan diri sendiri
Psikomotor
5. Setelah mendengarkan penjelasan dari guru, siswa dapat menceritakan kelebihan dan kekurangan diri sendiri dengan tepat
6. Setelah mendengarkan penjelasan dari guru, siswa dapat menceritakan kekurangan diri sendiri dengan tepat
IPS
Kognitif
1. Dengan melalui penjelasan dari guru, siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan disekitar dengan benar
2. Selama melakukan kegiatan pembelajaran berlangsung, siswa dapat menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa dengan benar
3. Selama melakukan kegiatan pembelajaran berlangsung, siswa dapat menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang dengar benar
Afektif
4. Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi: kerja keras, jujur, tanggung jawab dalam mengidentifikasi jenis pekerjaan dan hasinya
5. Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial mengembangkan sikap kerja sama dan komunikasi dalam mendiskusikan jenis-jenis pekerjaan di sekitar
Psikomotor
6. Setelah mendengarkan penjelasan dari guru dan selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat membuat tabel daftar pekerjaan dan hasil pekerjaannya dengan tepat
BHS. INDONESIA
Kognitif
1. Setelah mendengarkan cerita yang di bacakan oleh guru, siswa dapat menanggapi secara lisan dari isi cerita dengan benar
Afektif
2. Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi:gemar membaca untuk memberi tanggapan sederhana tentang cerita yang dibacanya
3. Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial: menjadi pendengar yang baik untuk memberi tanggapan pada isi cerita yang di dengarnya
Psikomotor
4. Setelah mendengarkan cerita dan menanggapi isi cerita yang di bacakan oleh guru, siswa dapat menceritakan kembali isi cerita
Nama Media : Gambar contoh harga diri dan Pekerjaan
Deskripsi
A. Alasan, tujuan dan manfaat pengembangan media
1. Alasan :
a. Harga murah
b. Mudah dicari
c. Praktis
d. Siswa mudah menemukannya
2. Tujuan :
a. Membantu Guru melakukan apersepsi
b. Membantu Guru untuk mencapai tujuan pembelajaran
c. Memudahkan siswa dalam proses pembelajaran
3. Manfaat :
Untuk mempermudah dan memperlancar perkembangan proses belajar anak dalam menerima pelajaran.
B. Bahan, alat dan sarana pendukung
1. Bahan
a. Kertas HVS
b. Kertas manila
2. Alat
a. Gunting
b. Lem
c. Double tip
d. Cutter
3. Sarana Pendukung
a. Kamera
b. Computer
c. Printer
d. Internet
C. Prosedur/langkah-langkah pengembangan media
1. Mencari gambar contoh bentuk harga diri dan pekerjaan di internet
2. Mencetak gambar
3. Menempel gambar di kertas manila
4. Media siap digunakan
D. Langkah-langkah penggunaan media dalam pembelajaran
1. Guru menjelaskan materi
2. Guru menempel media di papan dengan double tip
3. Guru menerangkan bentuk harga diri dan jenis-jenis pekerjaan dengan menunjukkan gambar
4. Siswa memperhatikan
E. Buat sketsa/miniatur/model/desain media yang dikembangkan
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN
Tema : Kegiatan Sehari-hari
Kelas/semester : III/2
Standar Kompetensi : PKn
3. Memiliki harga diri sebagai individu
IPS
2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
BHS. INDONESIA
5. Memahami cerita dan teks drama anakyang dilisankan
Kompetensi Dasar : PKn
3.2. Memberi contoh bentuk harga diri, seperti menghargai diri sendiri, mengakui kelebihan dan kekurangan diri sendiri dan orang lain
IPS
2.1 Mengenal jenis-jenis pekerjaan
BHS. INDONESIA
5.1 Mendengarkan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman yang didengarnya
Kisi-kisi Penilaian
INDIKATOR | TUJUAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | KUNCI JAWABAN | ||
PROSEDUR | JENIS PENILAIAN | BENTUK INSTRUMEN | |||
PKn 3.2.1 Menyebutkan contoh menghargai diri sendiri | Dengan melalui penjelasan dari guru, siswa dapat menyebutkan contoh menghargai diri sendiri dengan benar | Akhir | Tes Tertulis | Soal Uraian | Rubrik |
3.2.2 Menyebutkan contoh menghargai orang lain | Dengan melalui penjelasan dari guru, siswa dapat menyebutkan contoh menghargai orang lain dengan benar | Akhir | Tes Tertulis | Soal Uraian | Rubrik |
3.2.3 Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi: toleransi, demokratis dalam menghargai, mengakui kelebihan dan kekurangan diri sendiri | Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi: toleransi, demokratis dalam menghargai, mengakui kelebihan dan kekurangan diri sendiri | Proses | Sikap | Pedoman Pengamatan Sikap | Rubrik |
3.2.4 Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial: mengembangkan sikap kerja sama, komunikasi dalam menyampaikan pendapat tentang menghargai kelebihan diri sendiri | Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial: mengembangkan sikap kerja sama, komunikasi dalam menyampaikan pendapat tentang menharhai kelebihan diri sendiri | Proses | Sikap | Pedoman Pengamatan Sikap | Rubrik |
3.2.5 Melakukan pengamatan terhadap kelebihan dan kekurangan orang lain | Setelah mendengarkan penjelasan dari guru, siswa dapat menceritakan kelebihan dan kekurangan diri sendiri dengan tepat | Akhir | Tes Tertulis | Soal Uraian | Rubrik |
Setelah mendengarkan penjelasan dari guru, siswa dapat menceritakan kekurangan diri sendiri dengan tepat | Proses | Sikap | Pedoman Pengamatan Sikap | Rubrik | |
IPS 2.1.2 Mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan yang ada disekitar | Dengan melalui penjelasan dari guru, siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan disekitar dengan benar | Proses | Sikap | Pedoman Pengamatan Sikap | Rubrik |
2.1.3 Menyebutkan jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa | Selama melakukan kegiatan pembelajaran berlangsung, siswa dapat menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa dengan benar | Akhir | Tes tertulis | Soal uraian No3 | Kunci No 3 |
2.1.4 Menyebutkan jenis pekerjaan yang menghasilkan barang | Selama melakukan kegiatan pembelajaran berlangsung, siswa dapat menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang dengar benar | Akhir | Tes tertulis | Soal Uraian No 3 | Kunci No 3 |
2.1.5 Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi: kerja keras, jujur, tanggung jawab dalam mengidentifikasi jenis pekerjaan dan hasinya | Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi: kerja keras, jujur, tanggung jawab dalam mengidentifikasi jenis pekerjaan dan hasinya | Proses | Sikap | Pedoman Pengamatan Sikap | Rubrik |
2.1.6 Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial mengembangkan sikap kerja sama dan komunikasi dalam mendiskusikan jenis-jenis pekerjaan di sekitar | Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial mengembangkan sikap kerja sama dan komunikasi dalam mendiskusikan jenis-jenis pekerjaan di sekitar | Proses | Sikap | Pedoman Pengamatan Sikap | Rubrik |
2.1.7 Membuat tabel daftar pekerjaan | Setelah mendengarkan penjelasan dari guru dan selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat membuat tabel daftar pekerjaan dan hasil pekerjaannya dengan tepat | Akhir | Tes tertulis | Soal Uraian | Rubrik |
Bahasa Indonesia 5.1.1 Mendengarkan cerita pengalaman teman | Setelah mendengarkan cerita yang di bacakan oleh guru, siswa dapat menanggapi secara lisan dari isi cerita dengan benar | Proses | Sikap | Pedoman Pengamatan Sikap | Rubrik |
5.1.2 Menanggapi secara lisan dari isi cerita | Setelah mendengarkan cerita siswa dapat menanggapi isi cerita secara lisan | Proses | Sikap | Pedoman Pengamatan Sikap | Rubrik |
5.1.3 Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi:gemar membaca untuk memberi tanggapan sederhana tentang cerita yang dibacanya | Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi:gemar membaca untuk memberi tanggapan sederhana tentang cerita yang dibacanya | Proses | Sikap | Pedoman Pengamatan Sikap | Rubrik |
5.1.4 Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial: menjadi pendengar yang baik untuk memberi tanggapan pada isi cerita yang di dengarnya | Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial: menjadi pendengar yang baik untuk memberi tanggapan pada isi cerita yang di dengarnya | Proses | Sikap | Pedoman Pengamatan Sikap | Rubrik |
5.1.5 Menceritakan isi cerita dari pengalaman yang didengar | Setelah mendengarkan cerita dan menanggapi isi cerita yang di bacakan oleh guru, siswa dapat menceritakan kembali isi cerita | Proses | Sikap | Pedoman Pengamatan Sikap | Rubrik |
a. Soal Kelompok
Dengarkan teks dialog yang dibacakan oleh gurumu berikut ini!Berilah tanggapan atau komentar terhadap cerita. Diskusikan dengan kelompokmu!
Bentuk Instrumen :
a. Format Penilaian Sikap Siswa dalam Kerja Kelompok
1. Aspek yang dinilai
- Keaktifan
- Keberanian
- Kerjasama
- Ketepatan Jawaban
2. Rubrik Penilaian (Rubrik 3)
SKOR | ASPEK YANG DINILAI | ||||
Keaktifan | Keberanian | Kerjasama | Perhatian | Ketepatan Jawaban | |
1 | Siswa pasif | Berani setelah dipaksa | Tidak ikut serta | Ramai sendiri | Tidak mengisi jawaban sama sekali |
2 | Siswa aktif jika disuruh | Berani setelah diperintah | Ikut serta tanpa memberikan pendapat | Kadang ramai kadang memperhatikan | Sesuai dengan teks tetapi belum benar |
3 | Siswa aktif tanpa disuruh | Berani tanpa diminta | Ikut serta dengan memberika pendapat | Selalu memperhatikan | Sesuai dengan teks dan benar |
3. Format Penilaian
FORMAT PENILAIAN SIKAP SISWA DALAM KERJA KELOMPOK
Kelas_________
No. | Nama siswa | Aspek yang dinilai | Jumlah skor | Nilai | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||||
1. | | | | | | | | |
2. | | | | | | | | |
3. | | | | | | | | |
4. | | | | | | | | |
5. | | | | | | | | |
6. | | | | | | | | |
7. | | | | | | | | |
8. | | | | | | | | |
Jumlah Skor
Nilai = x 100
Jumlah Skor maksimal
b. Soal Uraian
1. Sebutkan jenis-jenis pekerjaan masyarakat di pedesaan! 3 saja
2. Sebutkan jenis-jenis pekerjaan masyarakat perkotaan! 3 saja
3. Buatlah daftar pekerjaan disekitarmu yang menghasilkan barang atau jasa!8 saja
Kunci Jawaban
NO | JAWABAN | SKOR | ||||||||
1. | Pekerjaan penduduk pedesaan: a. Buruh b. Tukang kayu c. Petani | 10 | ||||||||
2. | Pekerjaan penduduk perkotaan : a. TNI/polisi b. Pengusaha c. Karyawan pabrik | 10 | ||||||||
4. | Daftar pekerjaan
| 30 | ||||||||
TOTAL SKOR | 50 |
Rubrik Penilaian
NO | KETERANGAN | Skor |
1. | Jika siswa sama sekali tidak dapat menyebutkan jenis-jenis pekerjaan di pedesaan Jika siswa hanya mampu menyebutkan 1 pekerjaan penduduk pedesaan Jika siswa hanya mampu menyebutkan 2 pekerjaan penduduk pedesaan Jika siswa mampu menyebutkan 3 pekerjaan penduduk pedesaan dengan benar dan sempurna | 0 1 2 3 |
2. | Jika siswa sama sekali tidak dapat menyebutkan jenis-jenis pekerjaan di perkotaan Jika siswa hanya mampu menyebutkan 1 pekerjaan penduduk perkotaan Jika siswa hanya mampu menyebutkan 2 pekerjaan penduduk perkotaan Jika siswa mampu menyebutkan 3 pekerjaan penduduk perkotaan dengan benar dan sempurna | 0 1 2 3 |
4. | Jika siswa sama sekali tidak dapat menyebutkan jenis-jenis pekerjaan di sekitarnya Jika siswa hanya mampu menyebutkan 3 pekerjaan yang menghasilkan jasa atau barang Jika siswa hanya mampu menyebutkan 4 pekerjaan yang menghasilkan jasa atau barang Jika siswa hanya mampu menyebutkan 6 pekerjaan yang menghasilkan jasa atau barang Jika siswa mampu menyebutkan 8 pekerjaan yang menghasilkan jasa atau barang dengan benar dan sempurna | 0 1 2 3 4 |
0 comments:
Post a Comment