Senin, 20 Mei 2013

RPP Tematik Kelas 3



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
TEMA : KEGIATAN SEHARI-HARI
KELAS III SEMESTER 2
LOGO IKIP

Disusun oleh :
DEVI RATIH OKTAVIA
(09.1.01.10.0030)
Tingkat 3 C

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Nusantara PGRI Kediri
2012

SILABUS

Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Kelas/Semester   : III/2
Tema               : Kegiatan Sehari-hari
Sub Tema          : Pekerjaan Dalam Kehidupan Sehari-hari

Mata Pelajaran
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Prosedur
Jenis
Bentuk
Pendidikan Kewarganegaraan
3.  Memiliki harga diri sebagai individu
3.2.Memberi contoh bentuk harga diri, seperti menghargai diri sendiri, mengakui kelebihan dan kekurangan diri sendiri dan orang lain
Kognitif
3.2.1     Menyebutkan contoh menghargai diri sendiri

3.2.2    Menyebutkan contoh menghargai orang lain

Afektif
Karakter
3.2.3    Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi: toleransi,  demokratis dalam menghargai, mengakui kelebihan dan kekurangan diri sendiri

Keterampilan Sosial
3.2.4    Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial: mengembangkan sikap kerja sama, komunikasi dalam menyampaikan pendapat tentang menghargai kelebihan diri sendiri
Psikomotor
3.2.5    Melakukan pengamatan terhadap kelebihan dan kekurangan orang lain
Materi Pokok
1.     Bentukbentuk harga diri sendiri keluarga dan masyarakat
1.    Guru menunjukkan contoh harga diri
2.    Siswa Mendiskripsikan contoh menghargai diri sendiri dan orang lain
3.    Siswa menyebutkan contoh menghargai diri sendiri
4.    Siswa menyebutkan contoh menghargai orang lain
5.    Siswa menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi: toleransi,  demokratis dalam menghargai, mengakui kelebihan dan kekurangan diri sendiri
6.    Siswa menunjukkan kemampuan keterampilan sosial: mengembangkan sikap kerja sama, komunikasi dalam menyampaikan pendapat tentang menghargai kelebihan diri sendiri
7.    Siswa melakukan pengamatan terhadap kelebihan orang lain
Proses



Proses





Akhir




Akhir




Proses












Proses















Akhir
Sikap



Sikap





Tes Tertulis


Tes tertulis


Sikap












Sikap















Tes tertulis
Pedoman Pengamatan Sikap


Pedoman Pengamatan Sikap



Soal Uraian no. 1



Soal Uraian no. 2


Pedoman Pengamatan Sikap










Pedoman Pengamatan Sikap














Soal Uraian No 3
1 x 30 menit

Ilmu Pengetahuan Sosial
2.   Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
2.1 Mengenal jenis-jenis pekerjaan
Kognitif
2.1.1      Mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan yang ada disekitar
2.1.2     Menyebutkan jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa
2.1.3     Menyebutkan jenis pekerjaan yang menghasilkan barang
Afektif
Karakter
2.1.4     Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi: kerja keras, jujur, tanggung jawab dalam mengidentifikasi jenis pekerjaan dan hasinya
Keterampilan sosial
2.1.5     Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial mengembangkan sikap kerja sama dan komunikasi dalam mendiskusikan jenis-jenis pekerjaan di sekitar
Psikomotor
2.1.6     Membuat tabel daftar pekerjaan
Jenis jenis Pekerjaan
1.    Siswa menyebutkan jenis pekerjaan yang ada di sekitar yang menghasilkan barang
2.    Siswa menyebutkan jenis pekerjaan yang ada di sekitar yang menghasilkan jasa
3.    Siswa menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi: kerja keras, jujur, tanggung jawab dalam mengidentifikasi jenis pekerjaan dan hasinya
4.    Siswa menunjukkan kemampuan keterampilan sosial mengembangkan sikap kerja sama dan komunikasi dalam mendiskusikan jenis-jenis pekerjaan di sekitar
5.    Siswa membuat tabel daftar pekerjaan
Akhir





Akhir





Proses









Proses












Akhir






Tes tertulis




Tes tertulis





Sikap









Sikap












Tes tertulis
Soal Uraian no.4



Soal Uraian no. 5



Pedoman Pengamatan Sikap





Pedoman Pengamatan Sikap









Soal Uraian No 6





1 x 30 menit

Bahasa Indonesia
5.   Memahami cerita dan teks drama anakyang dilisankan
5.1. Mendengarkan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman yang didengarnya
Kognitif
5.1.1      Mendengarkan cerita pengalaman teman
5.1.2     Menanggapi secara lisan dari isi cerita
Afektif
Karakter
5.1.3     Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi:gemar membaca untuk memberi tanggapan sederhana tentang cerita yang dibacanya
Keterampilan sosial
5.1.4     Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial: menjadi pendengar yang baik untuk memberi tanggapan pada isi cerita yang di dengarnya
Psikomotor
5.1.5     Menceritakan isi cerita dari pengalaman yang didengar
Cerita pengalaman Kehidupan Sehari-hari
1.     Siswa bercerita


2.    Siswa menanggapi isi cerita
3.    Siswa menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi:gemar membaca untuk memberi tanggapan sederhana tentang cerita yang dibacanya
4.    Siswa menunjukkan kemampuan keterampilan sosial: menjadi pendengar yang baik untuk memberi tanggapan pada isi cerita yang di dengarnya
5.    Siswa menceritakan isi cerita dari pengalaman yang didengar
Proses


Proses

Proses










Proses










Proses
Sikap


Sikap

Sikap










Sikap










Sikap
Pedoman engamatan Sikap

Pedoman engamatan Sikap
Pedoman engamatan Sikap











Pedoman engamatan Sikap









Pedoman engamatan Sikap
1 x 30 menit


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan  : SDN TEMPUREJO 2
Kelas/Semester    : III/2
Tema                    : Kegiatan Sehari-hari
Alokasi Waktu       : 1 x 30 menit








 
Standar Kompetensi        : PKn
3.  Memiliki harga diri sebagai individu
IPS
2.  Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
BHS. INDONESIA
5.  Memahami cerita dan teks drama anakyang dilisankan
Kompetensi Dasar : PKn
3.2. Memberi contoh bentuk harga diri, seperti menghargai diri sendiri, mengakui kelebihan dan kekurangan diri sendiri dan orang lain
IPS
5.1.  Mengenal jenis-jenis pekerjaan
BHS. INDONESIA
5.1.  Mendengarkan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman yang didengarnya


I.        INDIKATOR
PKN
Kognitif
3.2.1     Menyebutkan contoh menghargai diri sendiri
3.2.2    Menyebutkan contoh menghargai orang lain
Afektif
Karakter
3.2.3    Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi: toleransi,  demokratis dalam menghargai, mengakui kelebihan dan kekurangan diri sendiri

Keterampilan Sosial
3.2.4    Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial: mengembangkan sikap kerja sama, komunikasi dalam menyampaikan pendapat tentang menghargai kelebihan diri sendiri
Psikomotor
3.2.5    Melakukan pengamatan terhadap kelebihan dan kekurangan orang lain


IPS
Kognitif
2.1.1      Mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan yang ada disekitar
2.1.2     Menyebutkan jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa
2.1.3     Menyebutkan jenis pekerjaan yang menghasilkan barang
Afektif
Karakter
2.1.4     Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi: kerja keras, jujur, tanggung jawab dalam mengidentifikasi jenis pekerjaan dan hasinya
Keterampilan sosial
2.1.5     Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial mengembangkan sikap kerja sama dan komunikasi dalam mendiskusikan jenis-jenis pekerjaan di sekitar
Psikomotor
2.1.6     Membuat tabel daftar pekerjaan

Bahasa Indonesia
Kognitif
5.1.1      Mendengarkan cerita pengalaman teman
5.1.2     Menanggapi secara lisan dari isi cerita
Afektif
Karakter
5.1.3     Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi:gemar membaca untuk memberi tanggapan sederhana tentang cerita yang dibacanya
Keterampilan sosial
5.1.4     Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial: menjadi pendengar yang baik untuk memberi tanggapan pada isi cerita yang di dengarnya
Psikomotor
5.1.5 Menceritakan isi cerita dari pengalaman yang didengar

II.      TUJUAN PEMBELAJARAN
PKn
Kognitif
1.      Dengan melalui penjelasan dari guru, siswa dapat menyebutkan contoh menghargai diri sendiri dengan benar
2.     Dengan melalui penjelasan dari guru, siswa dapat menyebutkan contoh menghargai orang lain dengan benar
Afektif
3.     Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi: toleransi,  demokratis dalam menghargai, mengakui kelebihan dan kekurangan diri sendiri
4.     Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial: mengembangkan sikap kerja sama, komunikasi dalam menyampaikan pendapat tentang menharhai kelebihan diri sendiri
Psikomotor
5.     Setelah mendengarkan penjelasan dari guru, siswa dapat menceritakan kelebihan dan kekurangan diri sendiri dengan tepat
6.     Setelah mendengarkan penjelasan dari guru, siswa dapat menceritakan kekurangan diri sendiri dengan tepat

IPS
Kognitif
1.     Dengan melalui penjelasan dari guru, siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan disekitar dengan benar
2.     Selama melakukan kegiatan pembelajaran berlangsung, siswa dapat menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa dengan benar
3.     Selama melakukan kegiatan pembelajaran berlangsung, siswa dapat menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang dengar benar
Afektif
4.     Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi: kerja keras, jujur, tanggung jawab dalam mengidentifikasi jenis pekerjaan dan hasinya
5.     Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial mengembangkan sikap kerja sama dan komunikasi dalam mendiskusikan jenis-jenis pekerjaan di sekitar
Psikomotor
6.     Setelah mendengarkan penjelasan dari guru dan selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat membuat tabel daftar pekerjaan dan hasil pekerjaannya dengan tepat

BHS. INDONESIA
Kognitif
1.     Setelah mendengarkan cerita yang di bacakan oleh guru, siswa dapat menanggapi secara lisan dari isi cerita dengan benar
Afektif
2.     Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi:gemar membaca untuk memberi tanggapan sederhana tentang cerita yang dibacanya
3.     Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial: menjadi pendengar yang baik untuk memberi tanggapan pada isi cerita yang di dengarnya
Psikomotor
4.     Setelah mendengarkan cerita dan menanggapi isi cerita yang di bacakan oleh guru, siswa dapat menceritakan kembali isi cerita

III.   MATERI PEMBELAJARAN
Pokok pokok Materi :
1.      Cara menghargai diri sendiri
2.      Cara menghargai orang lain
3.      Jenis-jenis pekerjaan
4.      Jenis pekerjaaan yang menghasilkan jasa
5.      Jenis pekerjaan yang menghasilkan barang
6.      Bacaan tentang pekerjaan

IV.     MODEL/METODE PEMBELAJARAN
a.      Model                    : Kooperatif Tipe STAD
b.     Pendekatan   : PAIKEM
c.      Metode        : ceramah, tanya jawab, diskusi

V.       KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN 1
Tahap
Kegiatan
(Skenario Pembelajaran)
Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.  Guru mengucapkan salam
2.  Guru meminta ketua kelas untuk memimpin berdoa
3.  Guru mempresensi kehadiran siswa
4.  Guru melakukan apersepsi
5.  Guru membangkitkan motivasi siswa dengan menyanyikan lagu
Religus
Religius

Kedisiplinan
5 menit
Inti
1.  Guru menjelaskan cara menghargai diri sendiri
2.  Siswa menyebutkan pekerjaan orang tua
3.  Siswa menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang ada di sekitar
4.  Guru menjelaskan cara menghargai pekerjaan orang lain
5.  Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok
6.  Guru membacakan bacaan
7.  Siswa berdiskusi menanggapi isi bacaan
8.  Kelompok yang sudah selesai mempresentasikan hasil diskusi
9.  Guru mengevaluasi hasil kelompok presentasi
10.Guru memberikan penghargaan










Rasa ingin tahu
20 menit
Penutup
11.      Guru menyimpulkan materi
12.      Guru memberikan PR kepada siswa
13.      Guru memotivasi siswa agar siswa rajin belajar
14.      Salam penutup





Religius
5 menit

PERTEMUAN 2
Tahap
Kegiatan
(Skenario Pembelajaran)
Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.  Guru mengucap salam
2.  Guru meminta ketua kelas untuk memimpin berdoa
3.  Guru mempresensi siswa
4.  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
5.  Guru melakukan apersepsi
6.  Guru memotivasi siswa dengan menyanyikan lagu abang bakso
Religius
Religius

Kedisiplinan
5 menit
Inti
7.  Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok
8.  Siswa dalam kelompok mendapatkan bacaan yang sudah di siapkan oleh guru
9.  Setiap kelompok mendiskusikan isi bacaan
10.         Guru membimbing siswa dalam masing-masing kelompok
11.         Kelompok yang sudah selesai mempresentasikan hasil diskusinya
12.         Guru bersama siswa mengevaluasi hasil presentasinya
13.         Guru meberikan penghargaan
Kerja sama
20 menit
Penutup
14.         Guru memberika tes tertulis
15.         Guru memberikan penilaian
16.         Guru menyampaikan tindak lanjut hasil tes
17.         Salam penutup




Religius
5 menit





VI.     SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
a.      Sumber        :
·      Widhihastuti, Setiati 2008.Pendidikan Kewarganegaraan SD/MI Kelas III, Jakarta:Pustaka Intan Wardanani
·      Widhihastuti, Setiati 2008.Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial SD/MI Kelas III, Jakarta:Pustaka Intan Wardanani
·      Widhihastuti, Setiati 2008.Pendidikan Bahasa Indonesia SD/MI Kelas III, Jakarta:Pustaka Intan Wardanani
·      Tim Bina Guru, 2010. Bersinar Agung Kelas III SD/MI, Tulungagung: Sinar Agung Abadi
b.     Media          :
1.         Gambar-gambar contoh sikap harga diri
2.         Gambar Jenis-Jenis Pekerjaan

VII.  PENILAIAN
1.         Prosedur                  : Penilaian proses dan Penilaian akhir
2.         Jenis Penilaian         : Sikap dan tes tertulis
3.         Bentuk Instrumen    : Pedoman Pengamatan Sikap Dan Tes Tertulis
4.         Tindak Lanjut          :
Pengambilan keputusan didasarkan pada perhitungan KKM individual dan klasikal. Apabila KKM klasikal belum tercapai maka peserta didik yang sudah mencapai KKM individual akan diberikan pengayaan dan bagi peserta didik yang belum mencapai KKM individual akan diberikan remidi.




Rounded Rectangle: Catatan : 





















                                                               Kediri,    Maret 2012
                                                              Mahasiswa
                                          

                                                   DEVI RATIH OKTAVIA
                                                              NPM. 09.1.01.10.0030
Mengetahui,
Kepala SDN Tempurejo 2



YULI YASTIN, S.Pd.
NIP. 19620731 198201 2 008
 
                                   


Guru Pamong



SUGITO
NIP. 19600822 197907 1 001





 
 







                 



BAHAN AJAR
(HAND OUT)
JUDUL MATERI    : PEKERJAAN SEHARI-HARI

URAIAN MATERI
A.     Harga Diri
Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda.Kepada siapapun kita harus selalu bersikap hormat, sopan dan santun.Menghargai diri sendiri sama dengan menghargai orang lain.Kekurangan yang dimiliki seseorang dapat berubah jika orang itu mau berusaha semaksimal mungkin.Biasanya, orang merasa bangga jika ia memiliki kelebihan.Dalam kehidupan sehari-hari, hindari dari perbuatan yang dapat menjatuhkan harga diri sendiri.Kita harus menghargai pekerjaan orang lain, jangan menjadi orang sombong.Bagi orang yang mempunyai pekerjaan dengan penghasilan kecil jangan malu untuk berteman dengan seseorang yan mempunyai pekerjaan dengan penghasilan besar.
Pekerjaan itu tidak ada yang mudah, semua pekerjaan itu sulit maka kita harus bekerja keras dan saling menghargai karena itulah merupakan merupakan kelebihan dari yang kita miliki.

B.      Macam-macam pekerjaan antara lain:
1.    Guru
2.    Petani
3.         Pilot
4.         Dokter
5.         Pedagang
6.         Tukang kayu
7.         Tukang becak
8.         Sopir
9.         Buruh
10.      Tukang sampah
11.      Masinis
12.      Penjahit
13.      Tukang potong rambut
14.      Dsb

C.      Pekerjaan yang menghasilkan jasa antara lain:
1.    Guru
2.         Dokter
3.         Pilot
4.         Montir
5.         Polisi
6.         Perawat
7.         TNI
8.         Pegawai
9.         Pengemudi

D.     Pekerjaan yang menghasilkan barang antara lain:
1.    Tukang kayu
2.         Nelayan
3.         Tukang becak
4.         Tukang potong rambut
5.         Pedagang
6.         Petani
7.         Penjahit
8.         Pengrajin

E.  Teks Dialog
PROFESI
Petani : “ Pak Dokter! Enak ya jadi dokter itu.”
Dokter : “ Wah ya enak-enak susah! Lebih baik jadi petani.”
Petani : “Petani itu susah juga, Pak. Harus kerja keras di bawah terik matahari. Mencangkul, membajak adan mengairi sawah.”
Dokter : “ Tapi kebutuhan sehari-hari tidak susah membeli, tinggal mengambil dari sawah atau kebun.”
Petani : “ Memang benar, tetapi kalau kami tidak rajin bekerja, kami tidak akan panen. Terkadang tinggal menunggu panen saja malah dimakan hama.”
Dokter : “ Kalau begitu. Jadi pilot seperti Bapak ini yang lebih enak.”
Pilot     : “ Ah, tentu saja tidak, Pak! Dokter itu yang enak. Kalau praktek banyak orang yang datang. Tinggal diperiksa, dikasih obat dan dapat uang.”
Dokter : “ Tapi resikonya besar. Seorang dokter harus sabar dan teliti. Kalau salah didanosis atau salah obat akibatnya bisa fatal.”
Petani : “ Saya pikir juga begitu, Pak. Jadi dokter selain mendapat gaji juga mendapat uang praktek.”
Dokter : “ Tapi, sekolah kedokteran sangat lama da biaya pun mahal.”
Petani : “ Kalau jadi pilot itu banyak enaknya ya, Pak?
Tiap hari bisa naik pesawat terbang tanpa membayar.”
Pilot     : “ Ya Pak. Naik pesawat terbangnya bisa gratis tapi tanggung jawabnya berat. Pilot bertanggung jawab bagi keselamatan semua penumpang.
Kami harus bekerja dengan penuh konsentrasi.”
Dokter : “ Pak Tani, sebetulnya semua pekerjaan itu ada resikonya. Kita dapat melaksanakan pekerjaan itu dengan gembira sehingga tidak merasa terbebani.”
Petani : “ Iya, Pak saya kira yang paling sulit itunhanya petani. Teryata semua pekerjaan itu memerlukan keteletian dan kerja keras.”
Guru    : “ Bapak ibu wali murid, karena sudah cukup siang, maka pembagian rapor kelas ini akan kita mulai.”











LEMBAR KERJA SISWA
A.   Judul LKS                  : Fokus
B.   Tema                         : Kegiatan Sehari-hari
C.   Kelas/semester         : III/2
D.   Alokasi waktu            : 1x30 menit
E.   Standar Kompetensi   :
PKn
3.  Memiliki harga diri sebagai individu
IPS
2.  Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
BHS. INDONESIA
5.  Memahami cerita dan teks drama anakyang dilisankan
F.   Kompetensi Dasar      :
PKn
3.2. Memberi contoh bentuk harga diri, seperti menghargai diri sendiri, mengakui kelebihan dan kekurangan diri sendiri dan orang lain
IPS
2.1 Mengenal jenis-jenis pekerjaan
BHS. INDONESIA
5.1.  Mendengarkan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman yang didengarnya
G.  Indikator Pencapaian :
PKN
Kognitif
3.2.1     Menyebutkan contoh menghargai diri sendiri
3.2.2    Menyebutkan contoh menghargai orang lain
Afektif
Karakter
3.2.3    Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi: toleransi,  demokratis dalam menghargai, mengakui kelebihan dan kekurangan diri sendiri

Keterampilan Sosial
3.2.4    Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial: mengembangkan sikap kerja sama, komunikasi dalam menyampaikan pendapat tentang menghargai kelebihan diri sendiri
Psikomotor
3.2.5    Melakukan pengamatan terhadap kelebihan dan kekurangan orang lain


IPS
Kognitif
3.1.1      Mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan yang ada disekitar
3.1.2     Menyebutkan jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa
3.1.3     Menyebutkan jenis pekerjaan yang menghasilkan barang
Afektif
Karakter
3.1.4     Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi: kerja keras, jujur, tanggung jawab dalam mengidentifikasi jenis pekerjaan dan hasinya
Keterampilan sosial
3.1.5     Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial mengembangkan sikap kerja sama dan komunikasi dalam mendiskusikan jenis-jenis pekerjaan di sekitar
Psikomotor
3.1.6     Membuat tabel daftar pekerjaan

Bahasa Indonesia
Kognitif
5.1.1      Mendengarkan cerita pengalaman teman
5.1.2     Menanggapi secara lisan dari isi cerita
Afektif
Karakter
5.1.3     Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi:gemar membaca untuk memberi tanggapan sederhana tentang cerita yang dibacanya
Keterampilan sosial
5.1.4     Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial: menjadi pendengar yang baik untuk memberi tanggapan pada isi cerita yang di dengarnya
Psikomotor
5.1.5 Menceritakan isi cerita dari pengalaman yang didengar

H.  Petunjuk Belajar             :
Kerjakan tugas di bawah ini secara berkelompok sesuai dengan teman kelompok. Lalu diskusikan secara bersama-sama !

I.  Informasi             :
1.     Menanggapi  masalah artinya memberikan pendapat terhadap suatu masalah atau objek sesuai dengan ide yang berada dalam pikiran kita.
2.    Memberikan tanggapan terhadap teman tentu berguna bagi yang bercerita maupun bagi kamu yang menanggapi. Dengan tanggapan kamu, temanmu mendapat masukan. Manfaat untuk kamu adalah belajar kritis dan memberikan tanggapan dengan bahasa yang benar dan santun.
3.    Sikap orang memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda.Teman-teman sangat senang dan menghargai kepada anak-anak yang disiplin.Setiap orang menghargai pekerjaan yang dilakukan orang lain.Dalam kehidupan sehari-hari, hindari dari perbuatan yang dapat menjatuhkan harga diri. Ciptakan kehidupan yang guyup rukun agar dapat hidup nyaman, tertib dan damai.
4.    Jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa, antara lain: dokter, guru, montir, polisi, pegawai, buruh, pengemudi, kuli.
5.    Jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang, antara lain: tukang kayu, petani, nelayan, pedagang, penjahit, pengrajin.

J.  Tugas-tugas          :
Dengarkan teks dialog yang dibacakan oleh gurumu berikut ini!Berilah tanggapan atau komentar terhadap cerita. Diskusikan dengan kelompokmu!


Bibi Terpeleset di Lantai
Ayahku adalah seorang pilot. Ia jarang sekali berada di rumah, sedangkan ibuku adalah seorang guru. Karena ibuku berangkat pagi-pagi sekali, jadi tidak bisa masak dan memberikan rumah sendiri. Oleh karena itu, ibuku memperkerjakan Mbak Lasmi sebagai pembantu dirumahku.
Tugas Mbak Lasmi setiap pagi adalah memasak, mengepel dan mencuci.
Ketika Mbak Lasmi sedang mengepel, tiba-tiba ia terpeleset hingga jatuh. Kakinya terkilir. Oleh ibuku, Mbak Lasmi langsung dibawa ke tukang pijit dekat rumahku. Ia kesakitan saan dipijat. Oleh karena itu, ia berjanji akan lebih hati-hati lagi saat mengepel.

1.      Sebutkan jenis-jenis pekerjaan masyarakat di pedesaan! 3 saja
2.     Sebutkan jenis-jenis pekerjaan masyarakat perkotaan! 3 saja
3.     Buatlah daftar pekerjaan disekitarmu yang menghasilkan barang atau jasa!8 saja


K.  Penilaian               :
Pertemuan I
Kunci Jawaban
Tanggapan :
Bagaimanapun bentuk pekerjaan itu harus kita hormati baik menjado seorang pembantu,pilot,pegawai swasta sama saja karena semuanya adalah berusaha memenuhi kebutuhan hidup masing-masing.


















Rubrik Penilaian
Keterangan
JUMLAH SKOR
Jika siswa memberi tanggapan dengan bahasa yang runtut dan jelas
3
Jika siswa memberi tanggapan dengan bahasa yang runtut namun kurang jelas
2
Jika siswa memberi tanggapan dengan bahasa yang tidak runtut dan kurang jelas
1

Kunci Jawaban

NO
JAWABAN
SKOR
1.
Pekerjaan penduduk pedesaan:
a.      Buruh
b.     Tukang kayu
c.      Petani
10
2.
Pekerjaan penduduk perkotaan :
a.      TNI/polisi
b.     Pengusaha
c.      Karyawan pabrik
10
4.
Daftar pekerjaan
NO
Nama Pekerjaan
Menghasilkan Barang
Menghasilkan Jasa
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
Koki perusahaan roti
Perias salon
Sopir
Tukang kayu
Guru
Pedagang 
Penjahit
Polisi
Barang


Barang

Barang
Barang


Jasa
Jasa

Jasa


Jasa
30
TOTAL SKOR
50










Flowchart: Alternate Process: Nilai :
……………


….

 



 

Rubrik Penilaian

NO
KETERANGAN
Skor
1.
Jika siswa sama sekali tidak dapat menyebutkan jenis-jenis pekerjaan di pedesaan
Jika siswa hanya mampu menyebutkan 1 pekerjaan penduduk pedesaan
Jika siswa hanya mampu menyebutkan 2 pekerjaan penduduk pedesaan
Jika siswa mampu menyebutkan 3 pekerjaan penduduk pedesaan dengan benar dan sempurna

0

1

2

3
2.
Jika siswa sama sekali tidak dapat menyebutkan jenis-jenis pekerjaan di perkotaan
Jika siswa hanya mampu menyebutkan 1 pekerjaan penduduk perkotaan
Jika siswa hanya mampu menyebutkan 2 pekerjaan penduduk perkotaan
Jika siswa mampu menyebutkan 3 pekerjaan penduduk perkotaan dengan benar dan sempurna
0

1

2

3
4.
Jika siswa sama sekali tidak dapat menyebutkan jenis-jenis pekerjaan di sekitarnya
Jika siswa hanya mampu menyebutkan 3pekerjaan yang menghasilkan jasa atau barang
Jika siswa hanya mampu menyebutkan 4pekerjaan yang menghasilkan jasa atau barang
Jika siswa hanya mampu menyebutkan 6pekerjaan yang menghasilkan jasa atau barang
Jika siswa  mampu menyebutkan 8pekerjaan yang menghasilkan jasa atau barang dengan benar dan sempurna
0

1

2

3

4






MEDIA PEMBELAJARAN
Tema                              : Kegiatan Sehari-hari
Kelas/Semester              : III/2
Alokasi Waktu                : 1 x 30 menit
Standar Kompetensi        : PKn
3.  Memiliki harga diri sebagai individu
IPS
2.  Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
BHS. INDONESIA
5.  Memahami cerita dan teks drama anakyang dilisankan
Kompetensi Dasar : PKn
3.2. Memberi contoh bentuk harga diri, seperti menghargai diri sendiri, mengakui kelebihan dan kekurangan diri sendiri dan orang lain
IPS
2.1 Mengenal jenis-jenis pekerjaan
BHS. INDONESIA
5.1.  Mendengarkan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman yang didengarnya


Indikator
PKN
Kognitif
3.2.1     Menyebutkan contoh menghargai diri sendiri
3.2.2    Menyebutkan contoh menghargai orang lain
Afektif
Karakter
3.2.3    Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi: toleransi,  demokratis dalam menghargai, mengakui kelebihan dan kekurangan diri sendiri

Keterampilan Sosial
3.2.4    Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial: mengembangkan sikap kerja sama, komunikasi dalam menyampaikan pendapat tentang menghargai kelebihan diri sendiri
Psikomotor
3.2.5    Melakukan pengamatan terhadap kelebihan dan kekurangan orang lain
IPS
Kognitif
2.1.1      Mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan yang ada disekitar
2.1.2     Menyebutkan jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa
2.1.3     Menyebutkan jenis pekerjaan yang menghasilkan barang
Afektif
Karakter
2.1.4     Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi: kerja keras, jujur, tanggung jawab dalam mengidentifikasi jenis pekerjaan dan hasinya
Keterampilan sosial
2.1.5     Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial mengembangkan sikap kerja sama dan komunikasi dalam mendiskusikan jenis-jenis pekerjaan di sekitar
Psikomotor
2.1.6     Membuat tabel daftar pekerjaan

Bahasa Indonesia
Kognitif
5.1.1      Mendengarkan cerita pengalaman teman
5.1.2     Menanggapi secara lisan dari isi cerita
Afektif
Karakter
5.1.3     Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi:gemar membaca untuk memberi tanggapan sederhana tentang cerita yang dibacanya
Keterampilan sosial
5.1.4     Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial: menjadi pendengar yang baik untuk memberi tanggapan pada isi cerita yang di dengarnya
Psikomotor
5.1.5     Menceritakan isi cerita dari pengalaman yang didengar

Tujuan Pembelajaran
PKn
Kognitif
1.     Dengan melalui penjelasan dari guru, siswa dapat menyebutkan contoh menghargai diri sendiri dengan benar
2.    Dengan melalui penjelasan dari guru, siswa dapat menyebutkan contoh menghargai orang lain dengan benar
Afektif
3.    Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi: toleransi,  demokratis dalam menghargai, mengakui kelebihan dan kekurangan diri sendiri
4.     Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial: mengembangkan sikap kerja sama, komunikasi dalam menyampaikan pendapat tentang menharhai kelebihan diri sendiri
Psikomotor
5.     Setelah mendengarkan penjelasan dari guru, siswa dapat menceritakan kelebihan dan kekurangan diri sendiri dengan tepat
6.     Setelah mendengarkan penjelasan dari guru, siswa dapat menceritakan kekurangan diri sendiri dengan tepat
IPS
Kognitif
1.     Dengan melalui penjelasan dari guru, siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan disekitar dengan benar
2.    Selama melakukan kegiatan pembelajaran berlangsung, siswa dapat menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa dengan benar
3.    Selama melakukan kegiatan pembelajaran berlangsung, siswa dapat menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang dengar benar
Afektif
4.    Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi: kerja keras, jujur, tanggung jawab dalam mengidentifikasi jenis pekerjaan dan hasinya
5.     Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial mengembangkan sikap kerja sama dan komunikasi dalam mendiskusikan jenis-jenis pekerjaan di sekitar
Psikomotor
6.     Setelah mendengarkan penjelasan dari guru dan selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat membuat tabel daftar pekerjaan dan hasil pekerjaannya dengan tepat
BHS. INDONESIA
Kognitif
1.     Setelah mendengarkan cerita yang di bacakan oleh guru, siswa dapat menanggapi secara lisan dari isi cerita dengan benar
Afektif
2.    Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi:gemar membaca untuk memberi tanggapan sederhana tentang cerita yang dibacanya
3.     Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial: menjadi pendengar yang baik untuk memberi tanggapan pada isi cerita yang di dengarnya
Psikomotor
4.     Setelah mendengarkan cerita dan menanggapi isi cerita yang di bacakan oleh guru, siswa dapat menceritakan kembali isi cerita

Nama Media                    : Gambar contoh harga diri dan Pekerjaan
Deskripsi
A.   Alasan, tujuan dan manfaat pengembangan media
1.     Alasan          :
a.    Harga murah
b.    Mudah dicari
c.    Praktis
d.    Siswa mudah menemukannya
2.    Tujuan         :
a.    Membantu Guru melakukan apersepsi
b.    Membantu Guru untuk mencapai tujuan pembelajaran
c.    Memudahkan siswa dalam proses pembelajaran
3.    Manfaat       :
Untuk mempermudah dan memperlancar perkembangan proses belajar anak dalam menerima pelajaran.
B.    Bahan, alat dan sarana pendukung
1.     Bahan
a.    Kertas HVS
b.    Kertas manila
2.    Alat
a.    Gunting
b.    Lem
c.    Double tip
d.    Cutter
3.    Sarana Pendukung
a.    Kamera
b.    Computer
c.    Printer
d.    Internet

C.    Prosedur/langkah-langkah pengembangan media
1.     Mencari gambar contoh bentuk harga diri dan pekerjaan di internet
2.    Mencetak gambar
3.    Menempel gambar di kertas manila
4.    Media siap digunakan

D.   Langkah-langkah penggunaan media dalam pembelajaran
1.     Guru menjelaskan materi
2.    Guru menempel media di papan dengan double tip
3.    Guru menerangkan bentuk harga diri dan jenis-jenis pekerjaan dengan menunjukkan gambar
4.    Siswa memperhatikan

E.    Buat sketsa/miniatur/model/desain media yang dikembangkan



PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN
Tema                     : Kegiatan Sehari-hari
Kelas/semester     : III/2
Standar Kompetensi        : PKn
3.  Memiliki harga diri sebagai individu
IPS
2.  Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
BHS. INDONESIA
5.  Memahami cerita dan teks drama anakyang dilisankan
Kompetensi Dasar : PKn
3.2. Memberi contoh bentuk harga diri, seperti menghargai diri sendiri, mengakui kelebihan dan kekurangan diri sendiri dan orang lain
IPS
2.1 Mengenal jenis-jenis pekerjaan
BHS. INDONESIA
5.1  Mendengarkan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman yang didengarnya
Kisi-kisi Penilaian
INDIKATOR
TUJUAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
KUNCI JAWABAN
PROSEDUR
JENIS PENILAIAN
BENTUK INSTRUMEN
PKn
3.2.1     Menyebutkan contoh menghargai diri sendiri
Dengan melalui penjelasan dari guru, siswa dapat menyebutkan contoh menghargai diri sendiri dengan benar
Akhir


Tes Tertulis

Soal Uraian

Rubrik
3.2.2     Menyebutkan contoh menghargai orang lain
Dengan melalui penjelasan dari guru, siswa dapat menyebutkan contoh menghargai orang lain dengan benar
Akhir

Tes Tertulis
Soal Uraian
Rubrik
3.2.3     Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi: toleransi,  demokratis dalam menghargai, mengakui kelebihan dan kekurangan diri sendiri
Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi: toleransi,  demokratis dalam menghargai, mengakui kelebihan dan kekurangan diri sendiri

Proses
Sikap
Pedoman Pengamatan Sikap
Rubrik
3.2.4     Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial: mengembangkan sikap kerja sama, komunikasi dalam menyampaikan pendapat tentang menghargai kelebihan diri sendiri
Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial: mengembangkan sikap kerja sama, komunikasi dalam menyampaikan pendapat tentang menharhai kelebihan diri sendiri

Proses
Sikap
Pedoman Pengamatan Sikap
Rubrik
3.2.5     Melakukan pengamatan terhadap kelebihan dan kekurangan orang lain
Setelah mendengarkan penjelasan dari guru, siswa dapat menceritakan kelebihan dan kekurangan diri sendiri dengan tepat
Akhir

Tes Tertulis
Soal Uraian
Rubrik

Setelah mendengarkan penjelasan dari guru, siswa dapat menceritakan kekurangan diri sendiri dengan tepat
Proses
Sikap
Pedoman Pengamatan Sikap
Rubrik
IPS
2.1.2     Mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan yang ada disekitar
Dengan melalui penjelasan dari guru, siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan disekitar dengan benar
Proses
Sikap
Pedoman Pengamatan Sikap
Rubrik
2.1.3     Menyebutkan jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa
Selama melakukan kegiatan pembelajaran berlangsung, siswa dapat menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa dengan benar
Akhir
Tes tertulis
Soal uraian No3
Kunci No 3
2.1.4     Menyebutkan jenis pekerjaan yang menghasilkan barang
Selama melakukan kegiatan pembelajaran berlangsung, siswa dapat menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang dengar benar
Akhir
Tes tertulis
Soal Uraian No 3
Kunci No 3
2.1.5     Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi: kerja keras, jujur, tanggung jawab dalam mengidentifikasi jenis pekerjaan dan hasinya
Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi: kerja keras, jujur, tanggung jawab dalam mengidentifikasi jenis pekerjaan dan hasinya
Proses
Sikap
Pedoman Pengamatan Sikap
Rubrik
2.1.6     Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial mengembangkan sikap kerja sama dan komunikasi dalam mendiskusikan jenis-jenis pekerjaan di sekitar
Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial mengembangkan sikap kerja sama dan komunikasi dalam mendiskusikan jenis-jenis pekerjaan di sekitar
Proses

Sikap
Pedoman Pengamatan Sikap
Rubrik
2.1.7     Membuat tabel daftar pekerjaan
Setelah mendengarkan penjelasan dari guru dan selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat membuat tabel daftar pekerjaan dan hasil pekerjaannya dengan tepat
Akhir
Tes tertulis
Soal Uraian
Rubrik
Bahasa Indonesia
5.1.1      Mendengarkan cerita pengalaman teman
Setelah mendengarkan cerita yang di bacakan oleh guru, siswa dapat menanggapi secara lisan dari isi cerita dengan benar
Proses

Sikap
Pedoman Pengamatan Sikap
Rubrik
5.1.2     Menanggapi secara lisan dari isi cerita
Setelah mendengarkan cerita siswa dapat menanggapi isi cerita secara lisan
Proses

Sikap
Pedoman Pengamatan Sikap
Rubrik
5.1.3     Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi:gemar membaca untuk memberi tanggapan sederhana tentang cerita yang dibacanya
Menunjukkan perilaku berkarakter, meliputi:gemar membaca untuk memberi tanggapan sederhana tentang cerita yang dibacanya

Proses
Sikap
Pedoman Pengamatan Sikap
Rubrik
5.1.4     Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial: menjadi pendengar yang baik untuk memberi tanggapan pada isi cerita yang di dengarnya
Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial: menjadi pendengar yang baik untuk memberi tanggapan pada isi cerita yang di dengarnya
Proses
Sikap
Pedoman Pengamatan Sikap
Rubrik
5.1.5     Menceritakan isi cerita dari pengalaman yang didengar
Setelah mendengarkan cerita dan menanggapi isi cerita yang di bacakan oleh guru, siswa dapat menceritakan kembali isi cerita
Proses
Sikap
Pedoman Pengamatan Sikap
Rubrik

a.    Soal Kelompok
Dengarkan teks dialog yang dibacakan oleh gurumu berikut ini!Berilah tanggapan atau komentar terhadap cerita. Diskusikan dengan kelompokmu!

Bentuk Instrumen           :
a.    Format Penilaian Sikap Siswa dalam Kerja Kelompok
1.     Aspek yang dinilai
-       Keaktifan
-       Keberanian
-       Kerjasama
-       Ketepatan Jawaban

2.    Rubrik Penilaian (Rubrik 3)
SKOR
ASPEK YANG DINILAI
Keaktifan
Keberanian
Kerjasama
Perhatian
Ketepatan Jawaban
1
Siswa pasif
Berani setelah dipaksa
Tidak ikut serta
Ramai sendiri
Tidak mengisi jawaban sama sekali
2
Siswa aktif jika disuruh
Berani setelah diperintah
Ikut serta tanpa memberikan pendapat
Kadang ramai kadang memperhatikan
Sesuai dengan teks tetapi belum benar
3
Siswa aktif tanpa disuruh
Berani tanpa diminta
Ikut serta dengan memberika pendapat
Selalu memperhatikan
Sesuai dengan teks dan benar

3.    Format Penilaian
FORMAT PENILAIAN SIKAP SISWA DALAM KERJA KELOMPOK
Kelas_________
No.
Nama siswa
Aspek yang dinilai
Jumlah skor
Nilai
1
2
3
4
5
1.








2.








3.








4.








5.








6.








7.








8.









                   Jumlah Skor
Nilai =                                    x 100
          Jumlah Skor maksimal



b.    Soal Uraian
1.     Sebutkan jenis-jenis pekerjaan masyarakat di pedesaan! 3 saja
2.    Sebutkan jenis-jenis pekerjaan masyarakat perkotaan! 3 saja
3.    Buatlah daftar pekerjaan disekitarmu yang menghasilkan barang atau jasa!8 saja

Kunci Jawaban

NO
JAWABAN
SKOR
1.
Pekerjaan penduduk pedesaan:
a.    Buruh
b.    Tukang kayu
c.    Petani
10
2.
Pekerjaan penduduk perkotaan :
a.    TNI/polisi
b.    Pengusaha
c.    Karyawan pabrik
10
4.
Daftar pekerjaan
NO
Nama Pekerjaan
Menghasilkan Barang
Menghasilkan Jasa
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
Koki perusahaan roti
Perias salon
Sopir
Tukang kayu
Guru
Pedagang 
Penjahit
Polisi
Barang


Barang

Barang
Barang


Jasa
Jasa

Jasa


Jasa
30
TOTAL SKOR
50








Flowchart: Alternate Process: Nilai :
……………


….

 




Rubrik Penilaian

NO
KETERANGAN
Skor
1.
Jika siswa sama sekali tidak dapat menyebutkan jenis-jenis pekerjaan di pedesaan
Jika siswa hanya mampu menyebutkan 1 pekerjaan penduduk pedesaan
Jika siswa hanya mampu menyebutkan 2 pekerjaan penduduk pedesaan
Jika siswa mampu menyebutkan 3 pekerjaan penduduk pedesaan dengan benar dan sempurna

0

1

2

3
2.
Jika siswa sama sekali tidak dapat menyebutkan jenis-jenis pekerjaan di perkotaan
Jika siswa hanya mampu menyebutkan 1 pekerjaan penduduk perkotaan
Jika siswa hanya mampu menyebutkan 2 pekerjaan penduduk perkotaan
Jika siswa mampu menyebutkan 3 pekerjaan penduduk perkotaan dengan benar dan sempurna
0

1

2

3
4.
Jika siswa sama sekali tidak dapat menyebutkan jenis-jenis pekerjaan di sekitarnya
Jika siswa hanya mampu menyebutkan 3 pekerjaan yang menghasilkan jasa atau barang
Jika siswa hanya mampu menyebutkan 4 pekerjaan yang menghasilkan jasa atau barang
Jika siswa hanya mampu menyebutkan 6 pekerjaan yang menghasilkan jasa atau barang
Jika siswa  mampu menyebutkan 8 pekerjaan yang menghasilkan jasa atau barang dengan benar dan sempurna
0

1

2

3

4




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar