Rabu, 21 Agustus 2013

Obsessive Corbuzier's Diet (OCD) Diet ala Dedy Corbuzier dan Shaolin

penarasan banget sama diet yang dilakukan oleh Dedy Corbuzer. jadi sejak kemarin iseng nih cari-cari lewat internet mengenai ini karena patut dicoba juga sih.ini nih : ini alamatnya
http://www.readyforfit.com/
 http://www.readyforfit.com/

Deddy Corbuzier kini sedang naik daun karena sebuah program diet yang ia terapkan dan populerkan, bernama OCD (Obessive Corbuzier’s Diet). Menurut mentalis itu, sebenarnya OCD yang ia lakukan saat ini adalah metode kuno Tiongkok yang biasanya dijalankan oleh para biksu Shaolin.
Ada beberapa perbedaan mencolok yang terdapat dalam pola diet OCD, dibandingkan pola diet yang umum dilakukan saat ini. Di antaranya adalah tidak mengonsumsi sarapan.
Selain itu, pelaku diet OCD pun memiliki pola puasa yang cukup unik, yaitu membatasi jam makan dengan puasa selama 16 jam, 18 jam, 20 jam, dan 24 jam namun tetap boleh minum selama kalori yang terkandung di dalam minuman tersebut adalah 0.
Jadi penerapannya begini; bila Anda adalah pemula yang ingin mencoba diet OCD, maka mulailah dari puasa 16 jam. Itu berarti Anda hanya boleh makan selama 8 jam saja dalam sehari. Sisa jamnya adalah waktu puasa Anda.
Misal, waktu makan Anda tetapkan mulai pukul 12 siang, maka hingga 8 jam ke depan Anda masih boleh mengonsumsi makanan apa saja, hingga pukul 8 malam. Lewat pukul 8 malam hingga pukul 12 siang keesokan harinya Anda tak boleh makan, namun tetap boleh minum.
Terapkan pola puasa 16 jam ini setiap hari, hingga tubuh Anda terbiasa dan Anda dapat memahami kondisi tubuh Anda.
Bila Anda ingin naik ke pola puasa 18 jam, maka cara kerjanya adalah seperti di atas. Maka jam makan Anda hanya 6 jam saja sehari.
Puasa 24 jam bermakna, Anda mulai puasa dari pukul 12 siang, dan boleh makan di pukul 12 siang keesokan harinya dengan makanan apa saja hingga perut Anda kenyang, lalu melanjutkan puasa hingga esoknya lagi setiap hari. Jadi jam makan Anda hanya satu kali setiap hari.
Dilansir oleh Liputan6, Deddy sendiri mengaku bahwa ia terinspirasi menerapkan pola diet ekstrem ini dari seorang mantan biksu Shaolin di Tiongkok yang memiliki penampilan bak masih berusia 40-an tahun, padahal usia sebenarnya adalah 72 tahun.
It’s impossible I think. So I asked him how can he achieved that,” katanya. Dan terungkaplah tentang pola diet ala Shaolin yang ia beri nama OCD tersebut.
1. Filosofi Puasa ( but its not the ordinary fasting)


puasa sejatinya tidak makan dan minum , namun puasa diet ini adalah puasa yang boleh makan dan boleh minum , kenapa begitu ? ya karena sebenarnya makan dan minum dalam proses diet ini diperbolehkan asalkan makanan dan minuman nya rendah kalori , misalnya buah2an .. atau air putih ( untuk lebih efektif sih baiknya minum air putih doang )

2. Tidak boleh sarapan dan boleh makan malam

disini, kata Bang Deddy, kita boleh makan malam kok, jadi gak usah khawatir kita akan kelaparan pada malam hari .. tapi ... kita gak boleh sarapan .. nah.. di sini nih asiknya.. memang saya dari dulu jarang sarapan kok.. apalagi waktu saya kurus jaman2 masih kecil sampai SMA .. saya jarang banget sarapan.. biasanya bangun tidur, setrika baju . siap2 .. trus cap-cus deh berangkat sekolah.  jadi program ini gak terlalu berat lah menurut saya

3. Bagaimana Proses Dietnya ? 

Pertama yang perlu di ingat, kita gak boleh sarapan. Jadi program makan nya minimal harus dilakukan setelah 3 jam setelah  kita bangun tidur. Tapi , Sesuai jam makan siang di kantor saya yaitu  jam 12  ... maka saya akan membuat program diet saya dimulai dari jam 12.. dengan target seperti ini :

Minggu ke-1 sampai ke-2  = 8 jam Makan
Saya akan mulai makan dan minum makanan kesukaan saya pada jam 12 siang dan akan selesai makan sampai jam 8 malam . kenapa begitu ? Karena itu tadi .. proses awal mungkin agak berat buat saya karena saya sangat suka sekali makan di malam hari. Jadi saya pilih mulai dari 8 jam dulu lah.. jadi jam 8 saya masih bisa makan cemilan atau apa .. hihihi

Minggu ke 2 sampai ke 4  = 6 jam Makan
Seperti biasa , saya akan mulai makan dan minum makanan kesukaan saya jam 12 siang dan akan selesai makan makanan yang bisa saya makan sampai jam 6 maghrib .. Doain ya semoga bisa melaksanakan diet ini

Minggu ke - 5 sampai minggu ke -8 = 4 Jam Makan 
wuih ... ini lumayan juga nih.. tapi CHAAAYYOOO !!! Saya pasti bisa lah.. jadi, 4 jam makan ini akan saya laksanakan dari jam 12 makan sampai  Jam 4 sore saya akan makan seperti biasa.. sisanya .. puasa chooyy..

Minggu Seterusnya 
Sesuai saran nya Om Deddy .. klo udah bisa 4 jam makan ini ter-realisasi .. maka kalau bisa di implementasikan dengan puasa 24 jam ( minimal 1 atau 2 kali seminggu ) maksud nya puasa 24 jam itu klo saya makan jam 12 siang .. maka saya akan makan jam 12 siang lagi di hari berikutnya.. dan ini bisa di lakukan 1 atau 2 kali dalam seminggu. Mudah2an bisa ya..

2 komentar:

  1. Informasi yang sangat berguna sekali semoga dijadikan sebuah referensi yang baik Aisha News
    Aisha Populer News dan tentunya untuk kalangan pembaca umumnya.

    BalasHapus